cara backup whatsapp
cara backup whatsapp

2 Cara Backup WhatsApp dan Penggunaannya

Diposting pada

Banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi instan chatting dari WhatsApp karena memiliki fitur lengkap dan cara penggunaannya yang tergolong mudah. Namun bagaimana cara backup WhatsApp dan penggunaannya jika suatu ketika Anda ingin beganti handphone atau ingin melakukan reset pada smartphone Anda?

Bagaimana Cara Backup WhatsApp dan Cara Penggunaannya ?

Sebelum lanjut ke cara backup WA, ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin melakukan backup dan restore pada aplikasi WhatsApp-nya, yaitu:

  • Ingin berpindah perangkat dari handphone yang lama ke handphone yang baru.
  • Ingin melakukan hard reset pada smartphonenya tersebut.
  • Berjaga-jaga jika suatu saat terjadi masalah pada aplikasi WhatsApp.
  • Untuk menyimpan data chat, dan file media.

Namun sebelum itu, ada hal-hal penting yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, diantaranya:

  • Menghapus chat dan file media yang memang sudah tidak Anda perlukan lagi, sehingga proses download atau upload pun tidak akan memakan waktu yang terlalu lama.
  • Pastikan juga bahwa kapasitas penyimpanan dari Google Drive Anda masih tersedia. Pada versi gratisnya,
  • Anda akan diberikan kapasitas mencapai 15 GB.
  • Siapkan juga koneksi internet yang stabol dan kuota yang mencukupi.
  • Terkahir, silahkan Anda siapkan computer, bisa PC atau laptop untuk kebutuhan backup manual tanpa Google Drive.

Perlu diketahui juga file log whatsapp bisa membengkak hingga 2 Gb, jika ingin menghapus data tersebut lebih baik melakukan backup terlebih dahulu sehingga jika ada sesuatu yang tidak diinginkan bisa melakukan restore.

Cara Backup WhatsApp Secara Offline

Metode pertama yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah mem-backup WhatsApp secara offline. Selain mudah, cara backup WhatsApp dan penggunaannya secara offline ini juga memiliki kelebihan dimana Anda tidak memerlukan koneksi internet lagi, sehingga Anda pun bisa backup data tanpa menggunakan Google Drive.

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah buka aplikasi WhatsApp, lalu klik icon 3 titik vertical yang ada di sebelah pojok kanan atas aplikasinya. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan, maka silahkan Anda pilih saja menu setelan.
  2. Buka menu backup. Pilih menu chat pada setelan, lalu silahkan Anda klik menu cadangkan chat dengan icon awan di sampingnya.
  3. Backup data secara manual. Pada metode ini, pastikan bahwa statis pada pilihan cadangkan ke Google Drive sedang pada posisi jangan pernah. Setelah itu, silahkan Anda klik tombol cadangkan yang berwarna hijau.
  4. Terakhir, file backup ini bisa Anda temukan di memori internal handphone Anda. Copy folder WhatsApp ke memori eksternal atau bisa juga ke hard disk computer Anda.

Simpan file tersebut, jangan sampai hilang, jika sewaktu-waktu diperlukan bisa langsung digunakan.

Cara Backup WhatsApp di Google Drive

Keunggulan dari pencadangan yang dilakukan di Google Drive ini adalah dimana resiko terhapusnya file lebih kecil. Hal ini dikarenakan file cadangan disimpan pada server Google, maka file pun tidak akan terhapus jika memang Anda tidak melakukannya dengan sengaja.

Selain itu, untuk proses pemulihannya atau proses restorenya pun lebih mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan Anda hanya perlu mengaitkannya dengan akkun Google milik Anda saja.

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah buka setelan pada aplikasi WhatsApp sama seperti langkah sebelumnya ketika Anda backup WhatsApp dengan cara offline.
  2. Pilih menu backup, lalu pilih chat pada setelan. Setelah itu, klik menu cadangkan chat dengan icon awan.
  3. Klik pilihan cadangkan ke Google Drive hingga muncul pesan pop up.
  4. Pilih opsi hanya ketika saya mengetuk cadangkan.
  5. Lalu, silahkan Anda login ke akun Google Anda, hingga alamat email pada kolom akun Google terlihat.
  6. Klik tombol cadangkan yang berwarna hijau. Jika muncul pesan pp up lagi, maka silahkan Anda pilih cadangkan.
  7. Tunggu proses upload ke Google Drive hingga selesai.
  8. Proses backup pun bisa dikatakan sukses apabila sudah tampil keterangan lengkap mengenai detail pencadangan yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Ada cara yang menggabungkan 2 cara diatas, Anda bisa membackup secara offline terlebih dahulu, setelah terhubung dengan koneksi internet Anda bisa mengupload file tersebut ke google drive, begini cara untuk mengupload file ke google drive.

Kesimpulan Backup WhatsApp

  • Ada beberapa alasan untuk melakukan backup whatsapp
  • Ada 2 cara untuk melakukan backup WA, yaitu dengan cara online dan yang selanjutnya dengan cara online menggunakan google drive

Itulah cara backup WhatsApp dan penggunaannya yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk Anda, ya!

Gambar Gravatar
Hanya penghobi ternak. Ternak blog, ternak aplikasi, ternak cupang, ternak kelinci dan menyukai bercocok tanam juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *