cara-membuat-flow-chart-dengan-word
cara-membuat-flow-chart-dengan-word

Cara Membuat Flow Chart Menggunakan Microsoft Word

Diposting pada

Ketika membuat sebuah program, baik itu pemrograman website atau mobile, maka akan dibutuhkan yang namanya flowchart atau diagram alir. Fungsi dari flowchart sendiri adalah untuk menjelaskan mengenai bagaimana proses dalam sebuah program berjalan. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat flow chart menggunakan Word.

Bagaimana Cara Membuat Flowchart ?

Flowchart merupakan suatu rangkaian yang berisikan symbol, dimana isinya akan menjelaskan suatu alur kerja dari sebuah system. Bagian alur ini harus dibuat secara rinci mengenai tahapan dari proses yang sedang berjalan pada sebuah system.

Tujuan dibuatnya flowchart adalah untuk menggambarkan tahapan atas penyelesaian masalah. Selain itu, flowchart juga bisa digunakan untuk menggambarkan suatu permasalahan secara lebih sederhana, dan jelas.

Selain menggunakan aplikasi Visio, flowchart juga bisa dibuat dengan cara yang lebih mudah, yakni dengan menggunakan Microsoft Word. Berikut ini akan dijelaskan secara detail bagaimana cara pembuatannya.

Cara Membuat FlowChart Menggunakan Microsoft Word

Cara membuat flow chart di Word terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Anda pun bisa memodifikasinya dengan memberikan efek atau menggunakan font keren yang ada di Word.

  1. Membuat Drawing Canvas
    Sebelum memulai membuat flowchart, Anda harus menggunakan gridlines terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengukur serta menyesuaikan symbol bagan alirnya, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang presisi.
    Pertama, silahkan Anda buka Microsoft Word. Lalu klik view, dan centang tab gridlines. Kemudian, silahkan Anda buat bagan alirnya.
    Setelah itu, klik tab insert, dan pilih shapes. Klik new drawing canvas.
    Atur ukuran sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Memasukkan Simbol Flowchart
    Jika Anda sudah membuat drawing canvas dan mengatur ukurannya, maka Anda bisa langsung memasukkan symbol yang diperlukan dalam pembuatan flowchart.
    Silahkan klik menu insert, pilih shapes. Gunakan beragam symbol yang sudah tersedia di tab flowchart.
    Klik symbol yang ingin Anda gunakan, kemudian letakkan diatas canvas dengan menyesuaikan ukurannya.
    Ulangi lagi langkah tersebut untuk memasukkan symbol lainnya. Jika semua symbol yang diperlukan sudah Anda masukkan, maka Anda bisa memodifikasinya dengan menggunakan shape style.
  3. Menyisipkan Teks dalam Simbol Flowchart
    Selain symbol, Anda juga akan membutuhkan teks yang digunakan untuk memperjelas proses yang Anda maksud. Berikut ini adalah langkah dalam memasukkan teks ke dalam symbol flowchart.
    Klik dua kali pada symbol yang ingin Anda sisipi dengan teks. Ketikkan teks yang Anda inginkan.
    Anda juga bisa klik gambar terlebih dahulu, kemudian klik kanan. Setelah tampil menu pop up dialog, pilih edit text.
    Modifikasi teks dengan cara blok semua teks yang ingin Anda edit. Jika sudah, klik hone dan edit semua teks menggunakan menu font.
  4. Pasang Garis
    Setelah berhasil memasukkan symbol flowchart dan menyisipkan teks, maka Anda bisa memasang garus penghubung antar symbol untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih sempurna.
    Silahkan Anda klik insert, pilih shapes. Pilih garis yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda dalam tab lines.
    Letakkan garis pada posisi yang sesuai untuk menghubungkan antar symbol flowchart.
    Ulangi cara tersebut untuk medapatkan garis yang lebih banyak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
    Anda juga bisa mengatur variasi warna dan bentuk garis pada bagian shape style. Klik tanda panah kebawah pada bagian shape styles, pilih garis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan Membuat Flow Chart

  • Flow Chart adalah diagram alir yang menjelaskan proses sebuah program / aplikasi berjalan.
  • Membuat flow chart ada umumnyam menggunakan aplikasi Visio, namun Anda bisa membuatnya dengan Microsoft Word

Itulah cara membuat flow chart yang cukup mudah untuk Anda lakukan. Ternyata, membuat flowchart menggunakan Microsoft Word tidak sesulit yang Anda bayangkan, bukan?

Gambar Gravatar
Hanya penghobi ternak. Ternak blog, ternak aplikasi, ternak cupang, ternak kelinci dan menyukai bercocok tanam juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *