cara menggunakan apar
cara menggunakan apar

Cara Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Paling Benar

Diposting pada

Kebakaran mungkin jadi salah satu kejadian paling tidak diinginkan untuk terjadi. Kebakaran biasa terjadi di perumahan penduduk atau bangunan tertentu. Faktor pemicunya cukup banyak, diantaranya seperti masalah arus listrik, kondisi tempat yang menyimpan banyak benda mudah terbakar dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, setiap orang sepertinya harus tahu bagaimana cara penggunaan APAR yang tepat.

Apa itu APAR ? Apar adalah singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan, yang biasa berbentuk tabung besi berwarna merah. Pada umumnya, APAR tersedia di gedung perkantoran, rumah pribadi, hingga tempat umum. Fungsi utama dari APAR adalah untuk memadamkan api dengan skala kecil agar tidak berubah menjadi makin besar dan berbahaya. Oleh sebab itu, APAR atau Alat Pemadam Api Ringan ini bisa dikatakan sangat penting. Mengingat kebakaran termasuk bencana yang tidak disangka-sangka.

Bagaimana Cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) ?

Meskipun cukup penting, masih ada orang yang mengaku belum seberapa paham bagaimana cara penggunaan APAR yang tepat. Sehingga tidak jarang, justu bingung sendiri saat ada api yang bisa memicu terjadinya kebakaran. Mulai sekarang perhatikan cara menggunakan APAR di bawah ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Cara Penggunaan APAR

  1. Buka Kunci Pengaman
    Perangkat APAR memang dilengkapi dengan segel khusus terutama pada bagian kunci pengaman. Hal ini supaya media di dalamnya tidak mudah keluar. Jadi, begitu ada kebakaran terjadi, yang harus Anda lakukan adalah membuka kunci pengaman tersebut. Caranya adalah dengan menariknya ke atas.
  2. Pegang Bagian Ujung Selang
    Selain kunci pengaman, APAR juga punya bagian selang. Selang nantinya akan membantu mengeluarkan isi dari APAR tersebut. Setelah Anda berhasil membuka kunci pengaman, silahkan pegang ujung selang. Jangan lupa arahkan pada sumber api, jangan sampai meleset karena akan terbuang sia-sia nantinya.
  3. Tekan Tuas
    Setelah selang Anda arahkan ke sumber api, secara bersama-sama tekan tuas atau kutub bagian atas secara penuh, jangan sedikit-sedikit. Tujuannya adalah supaya semua media dalam APAR dapat keluar secara optimal. Sumber api pun bisa segera padam.
  4. Kibaskan Ujung Selang
    Anda tidak cukup hanya mengarahkan selang pada sumber api saja. Supaya proses pemadaman api makin cepat, coba kibaskan ujung selang pada sumber api juga. Kali ini lakukan secara perlahan-lahan namun tetap sesuai target.
  5. Selalu Hati-hati Dan Waspada
    Selama proses pemadaman api menggunakan APAR, Anda tetap tidak boleh terlalu panik. Selalu jaga sikap hati-hati nemun selalu waspada. Tindakan tersebut untuk menghindari resiko api justru malah bertambah besar sehingga akan membahayakan.

Beberapa Kesalahan Cara Penggunaan APAR Yang Tidak Boleh Dilakukan

  • Membawa Dengan Cara Ditenteng
    Kesalahan paling umum dilakukan pengguna APAR adalah membawa media dengan cara menenteng. Ini cara yang salah, karena berpotensi membuat kelelahan. Mengingat berat APAR sebenarnya tidak ringan. Apabila jika letak APAR dengan lokasi sumber api relatif jauh.
    Maka supaya tidak terlalu kelelahan membawa tabung APAR yang beratnya 6,8 kg lebih tersebut, Anda bisa menaruhnya pada bahu. Dengan cara ini beban yang harus dipikul tentu lebih ringan. Anda dapat segera lari ke sumber api tanpa perlu kelelahan.
  • Salah Membuka Segel Pengaman
    Beberapa pengguna juga masih sering melakukan kesalahan saat membuka segel pengaman. Saat menarik segel pengaman, hindari menekan tuas pada saat bersamaan. Ini menyebabkan pin segel justru terjepit, sehingga tidak bisa dibuka dengan benar.
  • Salah Memegang Selang
    Selain itu, pengguna APAR juga masih sering kedapatan salah memegang selang. Selang APAR ini saat bekerja akan mengeluarkan tekanan 13 bar. Maka jangan heran jika tidak dipegang dengan benar bisa bergerak kesana kemari tidak tentu arah. Jika tidak ingin media justru terbuang sia-sia tanpa sampai target sumber api, pegang bagian ujung selang dengan mantap.

Kesimpulan Penggunaan APAR

  • Apar adalah Alat Pemadam Api Ringan, yang berfungsi sebagai alat pemadam api skala kecil untuk mencegah agar api tidak menjadi besar yang menyebabkan kebakaran.
  • Diatas sudah dijelaskan mengenai cara penggunakan APAR yang benar.
  • Perlu diperhatikan cara membawa, membuka segel pengaman, memegang selang APAR agar tidak terjadi kesalahan.

Itu dia tadi informasi tentang cara penggunaan APAR paling tepat. Menyimpan perangkat APAR memang penting demi keselamatan. Jadi, pastikan Anda bisa menggunakannya dengan benar dan tepat, ya.

Gambar Gravatar
Hanya penghobi ternak. Ternak blog, ternak aplikasi, ternak cupang, ternak kelinci dan menyukai bercocok tanam juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *