cara reset password windows 11
cara reset password windows 11

Cara Reset Password Windows 11 Paling Mudah, Dijamin 100% Berhasil

Diposting pada

Banyak orang yang terkadang lupa akan password atau kata sandi yang sudah dibuatnya sendiri. Hal inilah yang membuat Anda disarankan untuk membuat password dengan kata-kata mudah diingat, lalu dicatat agar saat lupa, Anda bisa melihatnya kembali. Apabila lupa password ini terjadi pada Windows 11 di perangkat Anda, maka salah satu cara yang bisa dilakukan hanyalah meresetnya kembali.

Bagaimana Cara Reset Password Windows 11?

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara reset password Windows 11 yang bisa Anda ikuti dengan mudah dan berhasil 100%, yaitu sebagai berikut.

Cara Reset Password Windows 11 Menggunakan Pertanyaan Rahasia

Cara reset password Windows 11 saat Anda lupa bisa dilakukan dengan mengisi pertanyaan rahasia yang disediakan. Nah, untuk cara reset password di Windows 11 menggunakan metode ini, maka bisa disimak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Ketika Anda memasukkan password akun Windows 11 dan ternyata salah, maka bisa langsung klik ‘Reset Password’.
  2. Silakan masukkan 3 jawaban dari pertanyaan yang sudah pernah Anda buat ketika pertama kali menginstal Windows 11.
  3. Jika sudah, Anda bisa klik tombol ‘Submit’ untuk masuk ke langkah berikutnya.
  4. Kemudian, Anda bisa membuat password atau kata sandi baru, lalu konfirmasi kata sandi tersebut. Pastikan bahwa kata sandi kali ini mudah diingat dan Anda catat di buku catatan. Setelah password berhasil diganti, Anda bisa klik lagi menu ‘Submit’.
  5. Nah, kalau sudah berhasil diganti, maka Anda sudah bisa masuk ke dalam Windows 11 dan selesai.

Cara Reset Password Windows 11 Tanpa Membuat Data PC atau Laptop Hilang

  1. Anda mesti menyiapkan flashdisk minimal sebesar 8GB yang masih kosong atau lebih besar lagi.
  2. Kemudian, silakan Anda download sebuah file bernama ‘ISO Windows 11’.
  3. Langkah selanjutnya Anda bisa langsung membuat bootable menggunakan Rufus, lalu colokkan flashdisk ke perangkat PC atau laptop.
  4. Mulai hidupkan PC atau laptop sampai berada di tampilan masukkan password. Apabila opsi ‘Easy of Acces’ masih belum terintegrasi dengan Command prompt, maka Anda bisa segera klik menu ‘Power’ dan klik ‘Restart’.
  5. Ketika perangkat sedang melakukan booting, Anda bisa menekan tombol F2 sebanyak berapa kali pun sampai akhirnya masuk ke dalam BIOS.
  6. Jika sudah masuk ke menu BIOS, maka arahkan agar berada di menu Boot.
  7. Temukan flashdisk tadi yang sudah dicolokkan dan jika ketemu, maka ubah posisinya menjadi pertama. Caranya mudah, Anda hanya perlu menekan F5 atau F6, kemudian geser posisi flashdisk agar berada di posisi 1.
  8. Ubah mode ‘Secure Boot’ menjadi mode ‘Disable’, yaitu dengan mengarahkan ke bagian menu ‘Security’ sebelumnya.
  9. Pilih ‘Set Supervisor Password’, lalu klik ‘enter’.
  10. Mulailah membuat password yang mudah diingat, namun sulit diketahui oleh orang lain, jika sudah Anda bisa langsung klik ‘Enter’.
  11. Anda akan balik lagi ke menu ‘Boot’, kemudian arahkan ke menu ‘Secure Boot’.
  12. Silakan ubah menjadi tampilan ‘Disable’, dan masuk lagi ke menu ‘Security’, tekan ‘Enter’ di bagian ‘Set Supervisor Password’, kemudian ubah password disana menjadi kosong.
  13. Arahkan kursor ke bagian ‘Exit’, lalu enter di opsi ‘Save Change’.
  14. Jika Sudah Anda konfirmasi, maka layar akan berubah otomatis ke tampilan ‘Booting Flashdisk’.
  15. Tekan Shift+F10, lalu ketik ‘diskpart’, lalu enter, ketik lagi ‘list volume’, dan enter lagi.
  16. Jika Disk sudah ada di posisi ‘D’, maka klik enter.
  17. Anda bisa ketik ‘cd windows’, lalu ‘enter’, lalu cd system32, lalu enter, lalu copy utilman(titik exe), lalu enter, lalu Y, lalu enter, copy cmd(titik)exe cmd1(titik)exe.
  18. Kemudian, Anda bisa klik enter, masukkan huruf Y, enter lagi, masukkan ultiman(titik) exe, enter, masukkan rename cmd(titik)exe utilman(titik)exe, enter, klik exit dan enter.
  19. Silang booting flashdisk agar bisa melakukan restart, dan jika sudah berada di tampilan password, silakan klik ‘Ease of Acces’.
  20. Silakan ketik di Command Prompt ‘control userpasswords2 – enter – reset password – isi password – klik OK, dan klik ‘Exit’ agar bisa keluar dari menu CMD.
  21. Masukkan password baru dan beres.

Kesimpulan Reset Password Windows 11

  • Ada 2 cara reset password windows 11, pertama menggunakan fitur pertanyaan rahasia, yang kedua menggunakan Boot
  • Usahakan jangan sampai lupa password.

Itulah informasi mengenai cara reset password Windows 11 yang bisa Anda ketahui dan bisa dipilih salah satu caranya diatas. Pilihlah cara yang sederhana dan ampuh 100% agar Anda tidak mudah dan bisa melakukan reset password windows 11 secara cepat. Baca juga cara mengaktifkan windows 11. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Hanya penghobi ternak. Ternak blog, ternak aplikasi, ternak cupang, ternak kelinci dan menyukai bercocok tanam juga.