Mudah dan Praktis, Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint Solution

By | Juli 29, 2021

Penggunaan mesin absensi scan sidik jari sudah sangat umum di banyak perusahaan atau kantor. Selain lebih efisien, mesin jenis ini bisa memberi data lebih nyata dan sesuai dengan kondisi yang ada. Cara setting mesin absensi fingerprint solutiotion sendiri tidak sulit.

Bagaimana Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint Solution?

Cara setting mesin absensi ini dimulai dengan mendaftarkan nomer serial, selanjutnya pengaturan dasar pada panel, kemudian nama perusahaan, divisi, karyawan dan sidik jari. Langkah terakhir adalah konfirmasi dan cek dengan melakukan percobaan. Jika Anda baru pertama kali menggunakannya untuk kebutuhan kantor, simak cara-caranya berikut ini.

Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint untuk Pemula

Setiap tipe mesin fingerprint tentu memiliki langkah pemasangan yang bisa berbeda-beda. Tetapi pada dasarnya cara pemasangan dan setting mesin absensi sidik jari sudah tertera jelas di kemasan mesin. Mungkin banyak dari Anda yang merasa bingung dan belum paham saat membaca intruksi penggunaan. Ini dia langkah-langkahnya.

  • Daftarkan Mesin Menggunakan Nomor Serial
    Langkah pertama, Anda harus daftarkan mesin lebih dulu. Atur nomor serial dan LAN setelah mesin disambungkan pada listrik. Prosedur pendaftaran bisa Anda lihat pada layar mesin. Bila nomor serial sudah sesuai dan pemasangan awal sukses, maka akan muncul panel untuk lakukan pengaturan dasar mesin.
  • Lakukan Pengaturan Dasar pada Panel
    Berikutnya, tekan pilihan yang tersedia pada layar, berupa panel pilihan pengaturan. Panel-panel tersebut akan meminta Anda mengisi data informasi mendasar seperti nama pemilik kantor, nama perusahaan, penanggung jawab, dan lain-lain.
  • Masukan Nama Perusahaan dan Divisi
    Tidak hanya nama perusahaan, selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukan data-data dasar perusahaan seperti nama divisi, jumlah pegawai, berapa kali sistem absensi yang akan diberlakukan, dan informasi atau pengaturan lainnya yang mengarah pada absensi di sebuah kantor atau divisi.
  • Masukan Data Pegawai dan Atur Data Sidik Jari
    Barulah masukan data-data pegawai, seperti nama, nomor kepegawaian, serta data scan sidik jari yang sudah Anda miliki. Mesin akan menyesuaikan data dan pengaturan yang telah Anda lakukan. Jangan lupa untuk menekan pilihan ‘save’ atau ‘simpan’ untuk menyimpan setting pada mesin absensi.
  • Konfirmasi dan Lakukan Percobaan
    Periksa kembali data, informasi, juga pengaturan yang telah Anda simpan, lakukan konfirmasi. Kemudian silakan coba menggunakan mesin tersebut untuk mendata absensi beberapa orang. Seperti Anda dan orang di kantor lainnya. Cek, apakah sudah berjalan sempurna atau belum. Bila belum, periksa kembali panel pengaturan.

Cara Setting Mesin Absensi Fingerprint dari Komputer

Mesin absensi sidik jari bisa terhubung langsung dengan komputer, sehingga semua data absensi pegawai kantor Anda otomatis masuk dan tersimpan ke komputer. Bagaimana caranya? Berikut dua pilihan cara untuk setting mesin absensi fingerprint ke komputer.

  • Gunakan Kabel LAN
    Ini menjadi cara paling banyak dilakukan kantor atau perusahaan yaitu menyambungkan mesin absensi ke komputer menggunakan kabel LAN. Kabel LAN adalah kabel yang berguna dalam menghubungan satu perangkat, dengan perangkat lainnya.
    Setelah disambungkan, Anda bisa pasang CD atau DVD yang disediakan oleh produk mesin untuk otomatis menginstall pengaturan bawaan ke komputer.
  • Copy dengan USB Flashdisk
    Tidak tersedia sambungan perangkat dan CD/DVD? Coba copy data dari mesin dengan gunakan USB flashdisk. Caranya, masukan flashdisk ke slot pada mesin. Slot USB ini selalu ada di setiap mesin absensi. Buka menu PenDrive, pilih ‘download user/record’ sampai selesai. Pastikan file masuk ke dalam flash disk.
    Selanjutnya, cara setting mesin absensi fingerprint solution dengan copot flashdisk, sambungkan atau pasang di komputer Anda, buka management program, lakukan konfirmasi. Lalu copy atau pindahkan file yang ada di flashdisk ke komputer Anda. Buka file, masukan data dan pengaturan, masukan data informasi dasar  dan data pegawai.

Kesimpulan Setting Mesin Absensi Fingerprint Solution

  • Mesin absensi fingerprint solution sekarang ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan ataupun instansi pemerintah sebagai alat absensi.
  • Cara settingnya mulai dari mendaftarkan nomer serial, input data, dan lakukan uji coba.
  • Mesin absensi fingerprint solution bisa disetting untuk dihubungkan dengan komputer/laptop agar lebuh mudah dalam memanajemen data absensi.

Itulah beberapa cara setting mesin absensi fingerprint solution yang bisa Anda ketahui. Bagaimana mudah, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa memberikan cara termudah untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *