cara membatalkan pesanan di tokopedia
cara membatalkan pesanan di tokopedia

Ini Dia Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia, Pasti Mudah

Diposting pada

Mungkin Anda salah satu pengguna setia e-commerce Tokopedia (tokped) saat berbelanja online. Namun suatu ketika karena beberapa alasan, Anda berniat untuk membatalkan pesanan tersebut. Nah, jika Anda belum tau caranya, ada beberapa cara untuk membatalkan pesanan di Tokopedia, bisa menggunakan website (dekstop) atapun melalui aplikasi mobile / android Tokopedia.

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia?

Ada beberapa cara untuk membatalkan pesanan di Tokopedia, setiap pembatalan pesanan pasti memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut cara membatalkan pesanan di Tokopedia:

Mengajukan Pembatalan Melalui Browser Desktop

  1. Masuk ke website resmi Tokopedia, log in melalui akun yang Anda miliki
  2. Selanjutnya pilih ikon pesan yang terletak di bagian atas homepage Tokopedia
  3. Lanjutkan dengan memilih Status Pemesanan
  4. Setelah itu pilih menu Ajukan Pembatalan pada pesanan yang ingin Anda batalkan
  5. Kemudian akan muncul pemberitahuan  Pengajuan Pembatalan Pesanan. Selanjutnya Anda harus mengisi alasan mengapa membatalkan pesanan, lalu klik Ajukan

Perlu Anda perhatikan juga untuk pembatalan pesanan yang Anda ajukan akan dikonfirmasi ke penjual. Setelah itu penjual akan memberikan respon pembatalan pesanan Anda tersebut maksimal 2×24 jam terhitung dari pesanan terverifikasi.

Mengajukan Pembatalan Melalui Aplikasi di Smartphone

  1. Masuk ke akun Tokopedia yang aplikasinya sudah terinstal di ponsel Anda
  2. Kemudian pilih tombol menu dengan ikon garis tiga pada bagian kiri atas.
  3. Selanjutnya pilih menu Pembelian, lalu klik Status Pemesanan.
  4. Pilih Ajukan Pembatalan pada pesanan yang ingin Anda ajukan pembatalan.
  5. Setelah itu akan muncul pop-up Pengajuan Pembatalan Pesanan. Lanjutkan dengan mengisi alasan mengapa Anda mengajukan pembatalan tersebut, lalu klik Ajukan.
  6. Pembatalan tersebut akan direspon oleh penjual maksimal 2×24 jam terhitung sejak pesanan terverifikasi.

Mengajukan Pembatalan Pesanan COD (Bayar di Tempat)

Bagi Anda yang menggunakan metode pembayaran Bayar di Tempat, berikut cara mengajukan pembatalan pesanan di Tokopedia:

  1. Login pada aplikasi Tokopedia dengan akun Anda.
  2. Setelah itu masuk ke menu Daftar Transaksi, dan klik “Dalam Proses”.
  3. Selanjutnya pilih pesanan COD yang akan Anda batalkan tersebut.
  4. Kemudian pada halaman detail pesanan lanjutkan dengan memilih tombol “Batalkan Pesanan” yang terletak di bagian bawah.
  5. Setelah itu pilih alasan pembatalan mengapa Anda mengajukan pembatalan produk tersebut.
  6. Jika sudah memilih alasan tersebut lalu klik “Batalkan Pesanan”
  7. Proses pembatalan telah selesai. Selanjutnya pesanan Anda telah berhasil dibatalkan.

Perlu diperhatikan sebelum Anda mengajukan pembatalan pesanan untuk metode COD ini, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dulu ke penjual. Dikhawatirkan pesanan yang ingin Anda batalkan sudah diteruskan ke kurir. Jika hal tersebut terjadi maka Anda tidak dapat membatalkan pesanan tersebut.

Di samping itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membatalkan pesanan ketika berbelanja di Tokopedia, yaitu:

  1. Setelah 6 jam sejak pembayaran terverivikasi maka terdapat tombol Ajukan Pembatalan yang muncul atau saat pesanan Anda diteruskan ke Penjual.
  2. Menu Ajukan Pembatalan akan hilang apabila:
  3. Anda sudah pernah mengajukan pembatalan pesanan tersebut
  4. Penjual telah memproses pesanan Anda
  5. Penjual memiliki hak untuk tidak menerima pembatalan pesanan dari pembeli dengan alasan tertentu, misalnya produk tersebut telah dipesan ke supplier, dan lain sebagainya. Jika demikian, penjual akan melanjutkan proses pesanan tersebut.

Perhatikan Ketentuan Pembatalan Pesanan

  1. Pengajuan pembatalan dapat Anda lakukan setelah 2 sampai 6 jam sejak menyelesaikan pembayaran.
  2. Anda tidak dapat membatalkan pesanan yang sama untuk kedua kalinya.
  3. Ketika penjual sudah memproses pesanan tersebut, maka Anda tidak bisa mengajukan pembatalan.
  4. Harus adanya persetujuan pengajuan pembatalan pesanan dari penjual (Seller).
  5. Dana dari pesanan Anda akan dikembalikan berupa saldo, maka dari itu akun Tokopedia Anda harus terkonfirmasi dengan OVO Cash.

Kesimpulan Membatalkan Pesanan di Tokopedia

  • Anda bisa membatalkan pesanan di Tokopedia.
  • Ada beberapa cara untuk membatalkan pesanan di tokopedia, melalui website dan melalui aplikasi mobile / android.
  • Syarat dan Ketentuan berlaku dalam pembatalan pesanan di Tokopedia

Demikianlah cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang bisa Anda lakukan. Sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu produk pertimbangkanlah dengan matang, sehingga tidak sampai melakukan proses pembatalan pesanan. Baca juga cara membatalkan pesanan di Lazada. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Hanya penghobi ternak. Ternak blog, ternak aplikasi, ternak cupang, ternak kelinci dan menyukai bercocok tanam juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *