cara membuat bootable flashdisk
cara membuat bootable flashdisk

2 Cara Membuat Bootable Flashdisk Paling Sederhana

Diposting pada

Adakah yang masih bingung tentang bagaimana cara membuat bootable flashdisk yang benar? Anda sudah tahu belum jika sekarang flashdisk ternyata juga bisa dipakai untuk media install windows. Namun, perangkat flashdisk tersebut harus lebih dulu dibuat sistem bootable. Saat ini, pengguna laptop terbukti makin banyak.

Bagaimana Caranya Membuat Bootable Flashdisk ?

Hal tersebut membuat laptop makin maju terutama dalam hal desain. Makin kesini desain laptop dibuat makin tipis hingga tidak punya DVD ROM. Sehingga, akan jadi masalah jika ingin melakukan install windows. Namun, ternyata bootable flashdisk bisa jadi solusi terbaik.

Apalagi sebenarnya install ulang dengan flashdisk dipercaya merupakan keputusan paling tepat. Sebab, akan sangat minim terjadi corrupt file pada OS ketika instalasi berlangsung. Nah, ada 2 cara membuat bootable flashdisk paling mudah, berikut uraian selengkapnya

Cara Membuat Bootable Flashdisk Dengan Rufus

  1. Unduh Aplikasi Rufus
    Langkah pertama, silahkan Anda unduh aplikasi Rufus. Aplikasi Rufus biasa disediakan di internet. Anda tinggal unduh dan install saja seperti biasa. Cara unduh dan install juga sama seperti aplikasi pada umumnya.
  2. Biarkan Rufus Mendeteksi USB Flashdisk Yang Terpasang
    Selanjutnya, Anda tinggal pasang USB Flashdisk pada laptop. Nanti, begitu aplikasi Rufus diinstall, maka akan langsung terbuka sendiri otomatis. Lalu, Rufus akan langsung mendeteksi USB Flashdisk yang terpasang tersebut. Anda tinggal klik ikon lambang disk di bagian bawah.
  3. Masuk Halaman Browser
    Berikutnya, Anda akan dibawa masuk ke halaman browse. Lalu, Anda harus mulai mencari tempat penyimpanan file ISO installer sistem operasi yang sudah diinstall. Jika sudah ketemu, langsung klik “open”.
  4. Masuk Halaman Aplikasi
    Tahap selanjutnya, Anda akan masuk kembali ke halaman aplikasi. Bedanya, Anda akan melihat aplikasi ISO sudah dipilih. Semua jenis pengaturan pada installer nantinya akan langsung berjalan dengan baik di USB Bootable. Anda cukup klik saja opsi “start”.
  5. Klik “OK” Pada Kotak Warning Dan Biarkan Rufus Bekerja
    Selanjutnya, Anda akan berhadapan dengan pop up kotak warning atau peringatan. Sebenarnya tidak begitu penting, Anda tinggal lanjutkan saja dengan klik “OK”. Selanjutnya, Anda tinggal tunggu saja Rufus bekerja.
  6. Klik “Close” Setelah Proses Bootable Berhasil
    Jika proses berhasil, Anda akan ditampilkan halaman baru silahkan klik “close” di bagian bawah. Lalu rebort dan restart laptop, pilih prioritas booting pada laptop dan tempatkan USB flashdisk. Proses bootable flashdisk dengan aplikasi Rufus selesai.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Dengan UNetbootin

  1. Unduh Aplikasi UNetbootin Lalu Install
    Langkah pertama tentu saja download aplikasi Unetbootin. Aplikasi ini juga dapat dengan mudah Anda temukan di internet. Setelah unduh, segera install seperti aplikasi lain pada umumnya.
  2. Klik Icon Titik Tiga Horizontal
    Selanjutnya, setelah berhasil diinstall, biasanya aplikasi tersebut akan langsung bisa mendeteksi USB Flashdisk yang terkoneksi. Anda cukup klik saja icon titik tiga horizontal, yang ada di bawah.
  3. Cari File ISO Installer
    Anda nanti akan diarahkan pada halaman browse. Silahkan pilih lokasi Anda menyimpan file ISO installer yang akan diinstall. Pada langkah ini, Anda hanya klik opsi “open” saja.
  4. Masuk Kembali Pada Aplikasi
    Jika sudah, Anda akan dibawa kembali pada halaman aplikasi UNetbootin tadi. Pada tampilan terkini, sudah ada ISO sesuai pilihan Anda tadi. Nanti, Anda hanya perlu klik saja tombol “OK”.
  5. Tunggu UNetbootin Menjalankan Proses
    Langkah berikutnya, Anda hanya perlu menunggu aplikasi Unetbootin menjalankan prosesnya. Ini tidak akan memakan waktu terlalu lama. Ada baiknya, Anda menunggu tanpa membuka file dokumen lain supaya makin cepat.
  6. Klik Exit
    Ketika proses bootable dengan UNetbootin berhasil, Anda hanya perlu klik “exit”. Lalu segera reboot atau bila perlu restart saja laptopnya. Jika sudah, Anda pilih prioritas booting pada laptop tempatkan USB Flasdisk.

Kesimpulan Membuat Bootable Flashdisk

  • Untuk install windows, linux, dan OS lainnya bisa menggunakan Flashdisk
  • Agar bisa digunakan untuk install windows dan OS lainnya, Flashdisk harus terlebih dahulu di setting sistem bootable
  • Membuat sistem bootable dengan falshdisk bisa menggunakan UNetbootin atapun Rufus

Mudah bukan cara membuat bootable Flashdisk? Anda bahkan bisa memilih salah satu dari 2 cara yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Gambar Gravatar
Hanya penghobi ternak. Ternak blog, ternak aplikasi, ternak cupang, ternak kelinci dan menyukai bercocok tanam juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *